Follow me

Sunday, October 13, 2019

Hindari dan Atasi Infeksi Saluran Kemih beserta Anyang-Anyangan dengan Uri-Cran


Hi guys! Sebagian besar dari kalian pasti udah pernah dengar tentang Infeksi Saluran Kemih (ISK) kan?
Nah, kali ini aku mau share sekilas tentang infeksi saluran kemih beserta cara mencegah dan menanganinya.

source : google
source : google

Dilansir dari alodokter.comInfeksi saluran kemih (ISK) adalah kondisi ketika organ yang termasuk dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi. Umumnya, ISK terjadi pada kandung kemih dan uretra.

Berdasarkan bagian yang terinfeksi, ISK terbagi menjadi ISK atas dan ISK bawah. ISK atas merupakan infeksi yang terjadi di bagian atas kandung kemih, yaitu di ginjal dan ureter. Sedangkan ISK bawah adalah infeksi pada kandung kemih bagian bawah, yaitu kandung kemih dan uretra.

Gejala infeksi saluran kemih sangat beragam, di antaranya:
  • Demam
  • Sakit di perut dan panggul
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Muncul darah dalam urine
Adapun penyebab infeksi saluran kemih adalah masuknya bakteri ke saluran kemih melalui lubang kencing. Meski bisa terjadi pada siapa saja, tetapi penyakit ini lebih sering dialami oleh wanita karena faktor genetis dan biologis.


Nah karena aku pernah terjangkit ISK, aku bisa sedikit cerita tentang gejala yang kuderita.

Gejala yang kualami punya nama medis tersendiri yaitu anyang-anyangan.
Apa sih anyang-anyangan?

Anyang-anyangan itu merupakan gejala sebelum terjangkit ISK. Gejala yang paling umum adalah ingin buang air kecil terus-terusan padahal yang keluar hanya sedikit.
Jadi orang yang sudah terkena ISK pasti punya anyang-anyangan. Namun sebaliknya orang yang punya anyang-anyangan belum tentu terjangkit ISK.
Perbedaannya adalah anyang-anyangan hanya berupa keinginan untuk buang air kecil terus-terusan, sementara ISK punya gejala anyang-anyangan disertai dengan rasa sakit tiap kali buang air kecil. :(

Percayalah sekali kalian terkena anyang-anyangan apalagi ISK, kalian pasti akan langsung mencegahnya datang lagi karena benar-benar sakit dan mengganggu aktifitas sehari-hari!


Apa saja sih penyebab orang bisa terkena anyang-anyangan / ISK?

  • Bakteri E.Coli.
  • Kebersihan organ intim tidak terjaga.
  • Dehidrasi.
  • Hamil.
  • Menopause.
  • Terdapat kelainan pada saluran kemih.
  • Sumbatan pada saluran kemih, misalnya karena batu ginjal atau pembesaran kelenjar prostat pada pria.
  • Sistem kekebalan tubuh lemah.
  • Penggunaan kondom dengan pelumas spermisida pada pria. Kondom jenis tersebut dapat menyebabkan infeksi vagina, dan memicu infeksi saluran kemih.

source : google

Lalu bagaimana cara mencegah dan mengatasinya?

Umumnya ketika sudah terkena ISK, kita akan diberi antibiotik untuk menyembuhkannya. Namun selain antibiotik, kita juga bisa melakukan hal-hal dibawah ini untuk mempercepat penyembuhan dan juga mencegah ISK / anyang-anyangan datang lagi.
  • Bersihkan organ intim ketika buang air kecil.
  • Banyak minum air putih.
  • Menjaga kebersihan organ intim sebelum dan sesudah berhubungan seksual.
  • Minum ekstrak buah cranberry.
Penelitian telah membuktikan bahwa ISK dan anyang-anyangan dapat dicegah dengan cara mengonsumsi ekstrak atau jus cranberry. Cranberry dipercaya dapat melindungi saluran kemih dengan cara mengubah sifat urine menjadi lebih asam sehingga secara alami menghambat pertumbuhan bakteri E.Coli.
Selain itu, zat proantocyanidin yang ada dalam Cranberry juga bisa mengubah struktur bakteri E.Coli sehingga mencegahnya menempel pada sel yang melapisi saluran kemih.

Ribet ah buat jus cranberry, ada yang jual ekstraknya gak sih?

Nah buat kalian yang malas buat jus cranberry, PT Combiphar sudah mengeluarkan ekstrak cranberry dalam bentuk serbuk dan juga tablet yang dinamakan Prive Uri-Cran dan Prive Uri-Cran plus.


Prive Uri-Cran

Prive Uri-Cran merupakan ekstrak cranberry dalam bentuk tablet. Dalam 1 box terdapat 30 blister tablet Uri-Cran.

Tiap kapsul Prive Uri-Cran sendiri mengandung 250mg Vaccinium macrocarpon (ekstrak cranberry) dan 18 mg PAC (Proanthocyanidin) yang dapat membantu memelihara kesehatan saluran kemih.


Warna tabletnya adalah pink, sesuai dengan warna tema Prive Uri-Cran dan warna dari cranberry itu sendiri.

Tablet ini dikhususkan untuk kalian yang mau mengonsumsi esktrak cranberry tapi tidak mau repot-repot dilarutkan dalam air. Cukup telan 1-2 kapsul per hari, beres. Ketika ditelan juga tidak ada bau khas obat yang mengganggu. :D

Kalian bisa beli Prive Uri-Cran di apotek terdekat ataupun di online store seperti Lazada, Shopee, etc seharga 168.500.


Prive Uri-Cran Plus

Nah kalau sebelumnya berbentuk tablet, mereka juga mengeluarkan ekstrak cranberry dalam bentuk serbuk sachet. Versi sachet ini dikhususkan untuk orang yang kesusahan menelan tablet dan lebih memilih untuk meminumnya seperti aku.

Dan juga, Prive Uri-Cran Plus merupakan ekstrak cranberry dalam bentuk sachet pertama di Indonesia!


Dalam 1 sachet Prive Uri-Cran Plus terkandung Vaccinium macrocarpon (ekstrak Cranberry) 375 mg, Vitamin C 60 mg, Bifidobacterium bifidum 0,1 mg, Lactobacillus acidophilus 0,1 mg, Frukto Oligo Sakarida 0,1 mg, dan Kalsium Laktat Glukonat 1 mg.

Prive Uri-Cran Plus dijual dalam kemasan 1 box berisi 15 sachet.


Anjuran konsumsinya adalah sebanyak 1 sachet per hari.
Per 1 sachet harus dilarutkan dalam segelas air. Aku sendiri suka melarutkannya dalam segelas air dingin karena lebih segar.

Rasa dari Prive Uri-Cran plus ini juga enak. Rasanya mirip minuman serbuk, terasa manis dan sedikit asam. Kalau ini bukan obat-obatan, aku bisa minum banyak sehari karena rasanya segar banget. :’)

Untuk harga, per box Prive Uri-Cran Plus dibanderol sekitar 100.000-125.000 (tergantung tempat kalian beli).


So far aku suka dengan rangkaian ekstrak cranberry ini. Selain praktis, rasanya juga enak. Kalau bisa menghindar dari ISK dengan obat seenak ini, kenapa harus cari yang lain?

Untuk info lebih lanjut, kalian bisa dan cek di facebook mereka di Prive Uri-Cran atau follow instagram mereka di @uricran.id.

Ayo sama-sama cegah dan lawan ISK dengan pola hidup sehat bersamaan dengan konsumsi ekstrak cranberry dari Prive Uri-Cran!

Xoxo,


Villy.




No comments:

Post a Comment